Sunday, June 23, 2013

Balada Bakul Kue Rumahan

Bismillahirrahmanirrahiim...

Kerja dari jam 8.30 – 17.30 (belum ngitung pulang perginya ya...) dan punya keluarga (dengan satu anak usia 2,5 tahun) kadang membuat orang bertanya-tanya kok saya sempet aja ya bikin kue baik buat konsumsi pribadi maupun buat orang lain? Jawabannya sederhana. Pertama, saya suka. Kedua, saya mau satu hari jadi pengusaha. Dan mudah-mudahan nggak pas saya usia lanjut, hehe.

Khusus untuk poin kedua, saya nih sebenernya bukan tipe orang yang pintar (atau berani (?) berdagang). Tapi berkaca dari Papah, saya melihat wirausahawan sebagai pekerjaan paling hebat!! Satu-satunya hal yang saya pikir bisa membuat saya bertahan adalah kalau saya memiliki minat yang tinggi pada usaha yang saya (akan) jalani.

Dari kesenangan membuat kue (dan snack) ternyata Alhamdulillah disukai orang dan lama-lama berbuah pesanan. Masih satu-dua sih... Tapi bulan ini ternyata lumayan juga... Awalnya mungkin karena saya melihat jualan birthday cake atau occasional cake lakunya jarang-jarang. Sementara latihan bikin kue butuh uang yang lumayan juga, hehe. Ya sudah, akhirnya dengan meniatkan belajar, saya mulai bawa kue ke kantor. Wis jan, mau laku mau nggak gak papa. Yang penting ongkos belajar bisa ditekan.

Alhamdulillah, tiap hari ada aja yang terjual. Ada temen yang akhirnya pesan 1 loyang tiramisu kukus untuk perpisahan karena mau resign. Bunda yang minggu kemarin mengadakan perpisahan TK juga mesen 60 box kue. Minggu ini ada pesanan snack box 45 kotak. Subhanallah, ternyata kalau ada kemauan ada jalan...

Tinggal satu ganjalannya. Capek. Hihi. Saya juga jadi kesulitan bagi waktu buat Ihya dan Ayah. Alhamdulillah Ayah sangat mendukung untuk yang satu ini. Dukungannya luar biasa deh pokoknya. Mulai dari beliin bahan kue sampai menemani saya begadang. Tapi akhirnya untuk saat ini saya memutuskan untuk nggak terlalu ngoyo. Selain itu, saya akan berusaha buat mengelola waktu dengan lebih baik lagi.

Saya juga nggak mau hal yang tadinya menyenangkan kemudian jadi rutinitas yang hampa (taelah, bahasanya...). Walaupun saat terjun ke bisnis (apalagi usaha yang dirintis sendiri) resiko semacam ini pasti ada.

Yang jelas, ini harus jadi visi jangka panjang yang menebar manfaat :)

No comments:

Post a Comment