Monday, November 18, 2013

Bisa karena Biasa, Biasa karena Dipaksa :)



Bismillahirrahmanirrahiim,

Sebelum mulai, saya sungguh banyak-banyak memohon sama Gusti Allah, semoga dalam tulisan kali ini saya dijauhkan dari riya’, sombong, dan sifat-sifat buruk lainnya… Kenapa? Soalnya di tulisan kali ini isinya tentang ibadah yang saya juga belum seberapa lama melakukannya. Jadi nggak ada yang perlu dibanggakan juga sih sebenernya… Hehe *Kalo riya’ ya kebangetan :p*

Awalnya, Ayi woro-woro di grup WA kalau ada grup WA bernama ODOJ (one day one juz). Ketebak lah ya… Intinya grup ini memfasilitasi dan mendukung anggotanya untuk menamatkan satu juz bacaan Al Quran setiap hari, walaupun saya juga nggak tau mekanismenya gimana. Singkat cerita, saya termasuk yang minta di-add ke grup tersebut. Kebeneran deh… selama ini saya susaaaaah banget satu juz per hari. Sering juga nggak baca barang seayatpun dalam sehari. Parah ya… Gimana mau anaknya cinta Al Qur’an kalau emaknya kayak begini *icon ketok kepala pake batu 1000 kali*. Bulan Ramadhan kemarin saya bahkan nggak khatam 30 juz. Pokoknya angot-angotan.

Tapi yang namanya muslim, siapa juga yang nggak pingin disayang Allah ya… Akhirnya kita pasti pingin bisa beribadah dengan enteng lapang senang ikhlas, dkk. Cuma jalan menuju ke sana aja yang nggak tau harus berapa lama… Begitu denger ada grup ODOJ ini, Bismillah!! Ikut aja, biar dipaksa dan digetok sama orang satu grup kalau mangkir juz melulu, hehe. Ingat, bisa karena biasa. Biasa karena dipaksa. Haha.

Sebelum dapat pemberitahuan resmi kalau ODOJ dimulai, saya coba latihan dulu lah ya… Kan malu boook kalo hari pertama udah mangkir *duh, niatnya jelek amat sih*. Eh, ternyata bisa. Sehari, dua hari, tiga hari, dan sekarang sudah hari ke sembilan. Sekali saya nggak tamat karena diare. Bangun telat, ke kantor tak bergairah, bolak-balik ke kamar mandi, males bebersih, dan berakhir dengan tampang dan baju ala tunawisma. Alhamdulillah besoknya bisa mengejar kembali.

Trus, what is my point cerita beginian?? Intinya sih… ibadah emang harus ikhlas, Lillahi ta’ala. Tapi apa iya kita bisa ujug-ujug ikhlas? Apa bisa kita ujug-ujug rajin? Jika hari ini amalan saya masih terpaksa, masih riya’, masih banyak cacatnya… yang terpenting: lakukan. Yang kita baca Al-Qur’an, bukan tabloid gosip. Yang kita lakukan sedekah, bukan belanja. Yang kita lakukan sholat, bukan joged dangdut. Masakah Allah tidak timbulkan cinta barang setitik dengan apa yang kita lakukan?

Dan sebenarnya ini nggak semata urusan gaib semata, itu sih yang saya rasakan ya… Misalnya gini, untuk dapat 1 juz, saya harus kejar dini hari atau pagi hari paling tidak 5 lembar. Setelah itu jam istirahat siang saya segera makan, tilawah, lalu shalat. Karena saya nggak mungkin baca pas jam kerja kan? Kalau belum selesai juga maka saya harus tuntaskan sebelum tidur. Pertama, jadi belajar manajemen waktu. Kedua, “terpaksa” bangun malam. Udah bangun malam nggak sholat malam kok kayaknya nanggung yah… Ketiga, subuh jadi (jarang) kesiangan. Keempat, jadi terhindar dari acara gosip atau ngegosipin orang pas makan siang. 
Dosa kan pertama dilakukan sakit yah, tapi kalau udah biasa ya enak-enak aja jadinya. Dan insyaAllah kalau dihindari ia akan mulai terasa sakit kembali. Kayaknya itu sih salah satu dampak positif yang saya rasakan. Tadi siang rasanya jengah banget ngedengerin teman-teman bergosip, padahal mungkin biasanya saya akan menikmatinya. Kalaupun tidak menanggapi, tetep aja ada rasa penasaran. Yah… begitulah dunia.

Eeniwei… balik lagi ke ODOJ, semoga Allah membalas kebaikan para pencetusnya. Sejauh ini anggotanya sudah di atas 1000 orang *duh… aku ngiri, pahalanya pasti banyak beut itu…*. Buat saya, semoga ODOJ yang awalnya karena dipaksa ini bisa jadi kebutuhan. Kemudian menjadi energi bagi kebaikan-kebaikan lainnya. Dan semoga Allah semakin cinta dengan Indonesia, karena semakin banyak yang mencintai Al Qur’an di dalamnya. Amiiin…

Gambar dari sini

No comments:

Post a Comment