Tuesday, August 12, 2014

Selamat Datang Trimester Kedua!!

Bismillahirrahmanirrahiim...

Setelah lama tertunda, akhirnya bisa juga nulis tentang kehamilan kedua ini. Sekarang kandungan sudah masuk minggu ke-24, sekitar usia 5 bulan. Dari hasil USG kami dapat kabar bayinya perempuan. Alhamdulillah... senang tentu saja. Karena anak kami yang pertama adalah laki-laki, menanti kelahiran bayi perempuan bikin deg-degan plus antusias karena penasaran.

Katanya sih... hamil anak perempuan itu lebih berat tapi melahirkannya lebih enteng... Entah teori dari mana... mungkin hanya pengalaman nenek moyang saja. Tapi kalau direfleksikan ke pengalaman hamil kedua ini, memang bener sih... Saat hamil pertama, selama trimester pertama sensasi maksimal yang saya rasakan "hanya" seperti masuk angin. Hanya sekali muntah. Hoek-hoek. Biasa lah ya... Namanya juga ibu hamil. Aktivitas juga masih berjalan seperti biasa.

Nah... di kehamilan kedua ini jadi akrab sama yang namanya mual dan muntah. Badan super lemes... Kalau nggak ditahan-tahan (inget susahnya masukin makanan ke dalam perut), mungkin bisa muntah setiap hari kali ya... Kondisi ini terasa paling parah di bulan kedua dan ketiga. Saya jadi males makan, karena rasanya serba salah... kenyang nggak seberapa lama... nggak lama malah mual-mual lagi. Karena itu juga mungkin 
BB saya nggak naik sampai kehamilan minggu 23 (seminggu yang lalu). Dan saya yang secuek ini bisa sampai nangis karena merasa lemah dan lemas lho... (salahkan hormon!!).

Begitu juga dengan orang-orang di sekitar saya... Dalam pengamatan saya sih memang banyak teman-teman yang hamil anak perempuan dan terlihat sangat lemah dan kepayahan.

Tapiii... kabar gembiranya, sekarang kehamilan sudah masuk trimester kedua. Oh yeah... masa-masa yang sangat indah... (dadah-dadah sama perut mual). Satu hal yang sering bikin mellow adalah karena saya harus LDR dengan suami dan sudah berjalan hampir 2 bulan... Tapi Alhamdulillah saya bisa puasa Ramadhan dengan cukup sehat.

Oia, saya dan suami dari dulu memang sudah punya satu nama untuk anak perempuan. Dan karena dedek bayi diperkirakan adalah perempuan maka kami memanggilnya dengan nama tersebut. Di luar dugaan, saat Ihya ditanya siapa nama dedeknya, ia menambahkan satu kata lagi... Jadilah walaupun kami kebingungan mencari artinya, tapi akan tetap dipakai karena ini nama pemberian dari sang kakak :)

Nah... PR selanjutnya adalah... makan yang bener!! Olahraga!! Karena selama trimester pertama kemarin maleees banget makan. Seringkali makan seadanya dan jadi keterusan sampai sekarang.

Selain soal fisik, saya juga lagi rajin ngikutin web www.bidankita.com dan baca buku Gentle Birth Balance karyanya Bu Bidan Yesie Aprilia. Semoga bisa tercapai keinginan untuk melahirkan dedek dengan sealami mungkin dan memberikan awal kehidupan yang indah baginya. We miss you dek, sehat-sehat di dalam perut Ibu ya... :)

No comments:

Post a Comment