Wednesday, April 18, 2012

Rumah Impian

Kalau ditanya, hal duniawi (materi) apa yang paling saya inginkan saat ini, jawaban spontannya adalah: Rumah. Rumah adalah simbol keamanan buat saya. Hehe. Lebay nggak sih? Ya... terserah deh... Intinya, bener-bener pingiiin banget punya rumah sendiri.

Pertama, mungkin karena Papah dan Mamah belum punya rumah sampai sekarang. Selain itu, tanah mereka satu-satunya dijual, yang salah satu tujuannya adalah untuk membayar admission fee masuk UI.

Kedua, mungkin karena saya perempuan. Senang atau punya kecenderungan senang pada keindahan. Dan buat saya rumah itu seperti sebuah kanvas besar bagi seorang pelukis.

Melenceng dikit, Astaghfirullah... Punya rumah di Jakarta yang ideal itu susah. Kadang terasa hampir mustahil. Oww, mungkin ada yang komentar:

“Ya elu cari rumah di Jakarta...”. Itu karena saya masih mau jadi karyawan dan nggak mau menghabiskan waktu terlalu lama di jalan demi ketemu anak saya lebih lama.
“Belagu sih...cari rumah kok ya di daerah Cipinang atau Mampang...”. Itu juga demi Ihya bisa dititipin di rumah neneknya. Daripada berduaan sama asisten, kegiatan nggak jelas, nggak ada yang kontrol pula...
“Ya jangan kerja lah kalo kaya gitu”. Langsung diem, tutup muka pake bantal terus tidur...
Melenceng banyak, geram rasanya rumah-rumah mewah tak berpenghuni ramai dibangun. Sementara untuk rakyat kecil membeli rumah adalah impian yang amat besar.

Oke, balik lagi... Kalau ditanya rumah impian saya seperti apa, ini daftar yang saya punya:
      -       Tidak terlalu luas, tapi nggak terlalu sempit.
Saya cukup sadar Jakarta sudah padat. Saya juga ingin menyisakan ruang-ruang untuk resapan air. Lebih baik ditingkat ke atas daripada menyemen lahan baru.
      -       Ada minimal 4 kamar
Untuk saya dan Syami, untuk anak laki-laki, anak perempuan, dan tamu.
      -       Jendela yang lebar-lebar
Karena nggak pakai AC adalah harga koma (udah kritis deket mati), jadi sirkulasi udara yang baik adalah mutlak.
      -       Punya jendela kaya gini di kamar:
belakangan saya tahu namanya bay window
-       Kusen jendela warna putih
      -       Punya taman belakang
Soalnya males banget kan kalo harus pakai jilbab dulu buat jemur pakaian.
      -       Desain sederhana
Bahasa kerennya rumah minimalis. Ini sesuai dengan petunjuknya Nate Berkus: jangan terlalu banyak detail yang tetap pada rumah Anda. Karena siapa yang tahu suatu hari kita bakal bosan atau modelnya udah terlampau jadul. Nggak mau kan musti renovasi macem-macem cuma untuk ganti suasana?
      -       Ada pagar kayu di depan rumah.
Sebagai orang introvert mungkin saya nggak seterbuka itu ya... Pinginnya tetep punya pagar rumah sebagai pembatas ruang umum dan privat, tetapi nggak usah terlalu tinggi.
      -       Letaknya di Jakarta
Umm, lebih spesifiknya: deket rumah Mamah atau rumah Bunda *ngakak sendiri*
      -       Nggak banjir
      -       Dinding dengan foto-foto keluarga
      -       Warna dominan dengan warna-warna pastel. Pokoknya yang adem-adem...
      -       Udah

Nggak banyak kan? Jadi, ada yang mau ngasih?

No comments:

Post a Comment